Rabu, 29 Oktober 2014

PENDIDIKAN EKONOMI

PENDIDIKAN EKONOMI

Pendidikan ekonomi merupakan suatu pendidikan yang membahas tentang masalah auatu isu ekonomi. Pada dasarnya pendidikan itu sendiri adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang dilakukan dengan adanya interaksi antara peserta didik dan pendidik, dengantujuan memperkenalkan dan menegembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, seperti dalam masalah keagamaan, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan- ketrampilan yang dimiliki. Ilmu Ekonomi itu sendiri adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masyarakat, khususnya dalam masalah perekonomian masyarakat, serta menentukan tentang bagaimana seorang individu atau masyarakat dalam membuat suatu keputusan dengan menggunakan sumber daya ekonomi unuk mencapai tujuan tertentu. Jadi pendidikan ekonomi itu adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh masyarakat atau individu dalam menentukan suatu keputusan yang berhubungan dengan perekonomian dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan sebelumnya.
Pendidikan ekonomi juga merupakan salah satu program studi yang berada di setiap universitas- universitas, terutama di Universiats Jember ini. Pendidikan ekonomi ini merupakan ssalah satu cabang program studi dari sebuah fakultas yakni fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Di universitas jember ini para peminat yang ingin masuk pada fakultas keguruan dan ilmu pendidikan ini tidak kalah dengan fakultas- fakultas lain, seperti fakultas ekonomi. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan di bagian jurusan ilmu pengetahuan sosial, khususnya  pada pendidikan ekonomi ini juga terbilang banyak peminatnya, bahkan ada mahasiswa yang berasal dari jurusan lain ingin masuk pada pendidikan ekonomi ini. Pendidikan ekonomi mempunyai visi misi yang jelas yaitu :
Visi Program Studi
Menjadi pusat pengembangan pembelajaran ekonomi dan penguatan materi ilmu ekonomi yang berkualitas, berwawasan lingkungan, dan berkemampuan mengembangkan IPTEK serta meningkatkan IMTAQ

Misi Program Studi
  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan pembelajaranekonomi dan penguatan materi ilmu ekonomi  
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran ilmu ekonomi sesuai paradigma baru pendidikan atua empat pilar pendidikan : (learn to know, learn to do, learn to be, and learn to live together
  3. Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga internal di lingkungan UNEJ dan lembaga eksternal
Tujuan Program Studi
Menghasilkan lulusan (pendidik) yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, Islami, berwawasan ilmiah, kompetitif, mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga mampu memberikan sumbangan optimal dalam pembentukan karakter bangsa.
Dalam pendidikan tinggi di Universiats jember ini, pendidikan ekonomi merupakan salah satu pendidikan yang mempunyai mahasiswa yang kreatif, serdas dan mempunyai rasa atau jiwa yang kompetitif apabila ingin langsung terjun dalam kehidupan masyarakat, sehingga program studi pendidikan ekonomi ini menjadi satu- satunya program terbaik di Universiatas Jember. Selain dari mahasiswa sendiri, para dosen juga sangat membantu untuk menjadi program studi yang terbaik. Dosen pendidikan ekonomi tidak kalah dengan dosen- dosen lainnya. Dosen yang cerdas, kreatif, bisa menjadi inspirasi untuk mahasiswa dalam menentukan atau membuat keputusan. Sehingga pemikiran para dosen sangat membantu sekali untuk menjadikan program studi ekonomi menjadi program studi yang terbaik. Sealin itu  para dosen pendidikan ekonomi merupakan para dosen yang sangat pantas untuk ditiru dalam melakukan kegiatan belajar  mengajar, karena prosesnya sangat mendukung dan sangat bermanfaat untuk calon seorang guru yang akan mentransferkan ilmunya kepada muridnya.
 Sebelumnya, banyak sekali alasan - alasan saya untuk memilih program studi pendidikan ekonomi ini, diantaranya:  karena saya ingin memperdalam tentang apakah itu pendidikan ekonomi?,  bagaimana masalah ekonomi yang sering terjadi didalam kehidupan masyarakat, serta bagaimana cara mengatasi masalah ekonomi yang sudah timbul di kehidupan masyarakat. Selain itu saya ingin mengetahui lebih lanjut ilmu- ilmu ekonomi yang belum saya mengerti. Inspirasi untuk masuk ke dalam program studi pendidikan ekonomi itu saat saya duduk dibangku sekolah mengengah atas, saya terinspirasi dengan seorang guru yang sangat sabar dalam mentransfer ilmunya pada muridnya, beliau adalah seorang guru yang mengajar pelajaran ekonomi. Oleh karena itu setelah saya lulus dari sekolah menengah atas ini saya melanjutkan studi saya di Universiatas jember ini. Sebelum masuk di Universiats jember ini saya emngikuti tes, demi persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah sebelum masuk ke pendidikan yang lebih tinggi. Waktu itu saya mengikuti tes jalur yang kedua, setelah jalur pertama ditolak oleh pihak pemerintah yang berhubungan dengan pihak unniversitas. Pada jalur kedua ini saya mengikuti tes di Kota Malang. Setelah saya mengikuti bimbingan belajar selama satu bulan di Malang, yang akhirnya membuahkan hasil yangsangat memuaskan yakni saya diterimadi Universiatas jember ini pada pilihan yang pertama pada jurusan pendidikan ekonomi yang sudah saya inginkan sejak dulu.
Menurut saya pendidikan ekonomi itu adalah sebuah ilmu pendidikan yang harus dimiliki olah setiap orang yng ingin terjun langsung didalam maslah perekonomian. Pada pendidikn tinggi ini proses pembelajaran tentang pendidikan ekonomi sangat berbeda dengan proses pembelajaran pada saat waktu duduk di bangku sekolah menengah atas. Pada pendidikakn tinggi masalah yang ada di materi pendidikan ekonomi dikupas secara detail dan lebih lengkap, karena pada umumnya pendidikan ekonomi itu selalu mencakup maslah- masalah yang ada dalam kehidupan masyarakat. Dan harus diselesaikan dengan sebaik- baiknya dengan menggunakan suatu keputusan yang baik dan sesuai dengan penaganan masalah ekonomi tersebut. Sehingga dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi ini sangat lebih mendalam untuk memahaminya dan lebih banyakmateri- materi baru yang saya dapatkank dalam pembelajaran baru ini.
Pendidikan ekonomi di Universitas jember ini merupakan pendidikan yang mempunyai daya tarik sendiri bagi mahasiswanya. Dan para mahasiswa yang masuk pada rogram studi pendidikan ekonomi ini harus selalu bersyukur, karena pengurus pendidikan ekonomi ini mempunyai suatu program- program yang sangat bagus untuk melanjutkan kehidupan kedepannya, dengan memilih melanjutkan study atau memilih untuk bekerja. Sehingga arah kedepannya lebih terarahkan. Selain itu didalam pendidikn ekonomi sendiri terdapat aktifitas- aktifitas atau kegiatan yang telah dibuat dan disetujui oleh semua dosen dan mahasiswa, diantaranya :
§  KOPMA (Koperasi Mahasiswa)
Dengan adanya koperasi mahasiswa ini, dapat melatih mahasiswa dalam pengurusan keuangan khusunya dalam proses jual beli, sehingga kegiatan tersebut sesuai dengan adanya mata kuliah pemasaran. Dan merupakan implementasi dari mata kuliah pemasaran tersebut. Dalam koperasi mahasiswa ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang menyehatkan.
§  HMP PE LIBRA (Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi LIBRA)
Dalam HMP ini merupakan suatu bentuk atau implementasi yang menyangkut suatu kerja sama dengan baik antar anggota, HMP ini sekiranya kalau di SMA itu seperti OSIS. Sehingga dalam kegiatan HMP akan berurusan dengan semua pengurus dan dibantu oleh Dosen dalam pengambilan keputusan.
§  Jurnal Pendidikan Ekonomi
Dalam kegiatan yang ada di jurnal ini dapat melatih mahasiswa dalam urusan jurnalistik atau dalam urusan pembuatan suatu berita yang masih baru, serta melatih siswa untuk terjun dalam masalah penanganan majalah mahasiswa atau sering disebut dengan buletin mahasiswa. Kegiatan tersebut dapat menjadikan mahasiswa terjun langsung pada suatu pekerjaan ynag masih berhubungan dengan masalah- masalah jurnalistik tersebut.

7 komentar: